Persona 5 Royal (Day 1 Gameplay)

Baru aja kemarin (13 feb 2024) saya beli salah satu game JRPG dari seri yang udah melegenda banget, Persona 5 Royal.
Dalam rangka tahun baru imlek, ATLUS & SEGA entah tersambar apa, mereka memberikan diskon 50% terhadap Persona 5 Royal. Padahal sepengetahuan saya, atlus adalah developer yang rakus & kikir terhadap franchise game mereka. Salah satunya seri Persona. Dibuktikan dengan game-game keluaran mereka yang mahal dan jarang diskon, diskon steam winter sale kemarin Persona 5 Royal di diskon sebesar 10% saja, kasihan orang yang beli waktu itu.

Persona 5 Royal bukan seri persona pertama saya, seri persona yang saya mainkan pertama kali adalah persona 3 portable, saya mainkan melalui emulator saat itu. Tidak saya lanjutkan karena save filenya hilang, dan tidak bisa di restore.

Saya juga lumayan familiar dengan Persona 5 karena juga sempat saya mainkan di dengan emulator, lagi-lagi tidak dilanjutkan karena save file yang hilang.

Saya juga pernah mau main persona series lewat game pass, tapi waktu itu semua game persona yang saya install lewat game pass tidak bisa dijalankan arena bug. Selalu stuck di signing in hingga berjam-jam.

Dari situ saya beranggapan kalau laptop saya gak bisa menjalankan game-game berat seperti seri persona, padahal menurut saya Persona 3 Portabel & Persona 4 Golden tidak terlalu berat.

Karena itu, awalnya saya ragu untuk membeli Persona 5 Royal, juga ketika saya benchmark, processor laptop masih dibawah minimum requirement. Tapi, ketika saya benchmark ke Persona 3 Reload, laptop saya malah masuk dalam minimum requirement.

Dari hasil itu, saya lumayan pede dengan persona 5, karena saya rasakan sendiri ketika bermain tales of arise & sekiro. Dimana di 2 game tersebut, vga laptop saya dibawah minimum requirement, tapi tetap saya paksakan main di resolusi 800x600 dan bisa berjalan stabil di 20fps dengan bantuan borderless gaming agar bisa bermain di fullascreen.

Ternyata Playable!


Ketika saya mainkan Persona 5 Royal, ternyata dapat berjalan dengan baik! Meskipun di settingan low, yang penting bisa.

Ekspektasi saya cukup rendah waktu nginstall game ini, tapi kalau dipikir-pikir, spek laptop saya hanya kurang di processornya saja, tidak seperti 2 game sebelumnya yang kurangnya di vga.

Dan ternyata tidak masalah, panas dikit gak ngaruh, cuman perlu nyalain AC doang pas pengen main.

Ketika ditempat ramai atau sekitar stasiun, saya bisa dapat 15-20 fps dan itu sama sekali gak stuttering! Beneran, bisa bayangin gak? 20 ke 15 gak stuttering itu gila.

Dan di settingan low pun, visualnya masih kelihatan bagus dan rame, effect dari skill, animasi menu, effect foot-print pas jalan, semuanya tetep bisa jalan dan kadang bisa sampai di 30 fps.

Bahkan pas gameplay, yang saya kagetkan adalah fpsnya stabil di 30fps. Bahkan ketika all-out scene, fpsnya paling cuman turun ke 20, dan itu gak kerasa sama sekali jadi gak ganggu sama sekali.

Worth?


Jelas, WORTH. Bagi kalian yang suka dengan genre: turn-base atau game seperti Honkai: Star rail. Pasti bakalan suka dengan game ini.

Dan juga, jangan lupa atur waktu buat main game ini, karena saya lihat di how long to beat, main storynya sekitar 100 jam untuk yang royal, yang ori sekitar 98 jam, saya sendiri baru pertama kali main, 6 jam sudah dihabiskan untuk game ini. 

Karena kedepannya game ini bakal grinding parah, dan saya suka.

***

Pengen main karena bisa patjaran😋

Posting Komentar untuk "Persona 5 Royal (Day 1 Gameplay)"