Gak progres karena Persona! (Devlog. 1)


Setelah berminggu-minggu semenjak post pertama, akhirnya saya bisa menulis kembali untuk post kedua dari Devlog ini. Sekarang saya kembali membawa kabar baik.

Pertama-tama saya ingin memberi tahu, kalau beberapa minggu yang lalu, project ini sempat di hold, karena saya lagi main persona. Tidak di umumkan karena sepele banget.

Produser sekaligus programmernya lagi main persona, alhasil projek gak ada yang bisa lanjutin, karena saya doang yang bisa ngoding. Saya tahu, alasannya rada aneh, tapi beneran, persona seru banget.

Sekarang, langsung saja ke laporan progress dari gamenya.

Fitur Grab and Throw

Dalam game ini saya memberikan fitur Grab and Throw yang terinspirasi dari game Half-Life & Amnesia, gunanya untuk menyelesaikan puzzle dalam game.

Awalnya saya menambahkan fitur ini tanpa tujuan yang pasti, karena pengen saja dan agar terlihat keren. Tapi, semakin saya merenung, muncullah ide dimana fiturini akan menjadi core gameplay dari game ini.

Saya punya rencana untuk kedepannya, dimana selain player dituntut untuk mencari notes dan kabur dari “hantu,” player juga harus menyelesaikan teka-teki yang menggunakan logika fisika*.

Untuk itulah fitur ini ada, dan kedepannya saya ingin menambahkan fitur stun ke “hantu” jika player melempar sesuatu ke dia.

Fixed Bugs

Karena alur development game ini tidak selalu lancar, saya selalu ekspektasikan ada bug yang mengganggu dan butuh berhari-hari untuk di fix, dan kalian tahu apa? Beneran berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk di fix!

Nembus dinding

Bug pertama adalah fitur Grab and Throw itu sendiri. Jangan harap kalian bisa one try ketika membuat codingan untuk game. JANGAN PERNAH.

Permasalahanya ada ketika player memegang object lalu didekatkan ke dinding, maka object yang dipegang akan menembus dinding.

Sekarang bug itu sudah di fix. Tapi, masalahnya belum selesai sampai di situ.

Player terbang

Masuk bug kedua, player akan terbang jika mendekatkan object ke dinding. Masalah baru setelah bug pertama diatasi.

Ketika player masih memegang object dan dibawa mendekati dinding. Object tersebut tidak akan tembus, ini adalah hal bagus tentunya.

Tapi, jika terus dipaksa hingga collider player dengan object bertemu. Membuat player akan terbang ke atas secara tiba-tiba.

Bug itu sekarang sudah di fix, terimakasih kepada komunitas game dev indonesia yang sudah membantu.

Lempar JAUHHH

Selanjutnya bug ketiga, object ketika dilempar akan sangat jauh sekali. Sebenarnya bug ini bukan masalah besar, cuman kalau keseringan bisa buat collission error nantinya.

Ini juga sudah di fix, hanya sesimpel nambahin cooldown sehabis lembar object.

Itulah dia penambahan fitur dan bug fixes di project game horror ini. Memang belum terbuka untuk umum demonya, setidaknya ada info kalau project ini masih tetap berjalan.

***

Bentar lagi bisa patjaran di Persona 5 Royal😋

Posting Komentar untuk "Gak progres karena Persona! (Devlog. 1)"